Wasiat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam Kepada Abu Dzar Al-Ghifari: Dari Abu Dzar Radhiyallahu ‘anhu , ia berkata: “Kekasihku Shallallahu ‘alaihi wa sallam berwasiat kepadaku dengan 7 hal:
(1) supaya aku mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka,
(2) beliau memerintahkan aku agar aku melihat kepada org yg berada di bawahku & tidak melihat kepada org yg berada di atasku,
(3) beliau memerintahkan agar aku menyambung silaturahmiku meskipun mereka berlaku kasar kepadaku,
(4) aku dianjurkan memperbanyak ucapan la haula wala quwwata illa billah (tdk ada daya& upaya kecuali dgn pertolongan Allah)
(5) aku diperintah untuk mengatakan kebenaran meskipun pahit,
(6) beliau berwasiat agar aku tidak takut celaan orang yg mencelaku dalam berdakwah kepada Allah, dan..
(7) beliau menyuruh aku agar tidak meminta-minta sesuatu pun kepada manusia. *tapi mintalah kepada Allah*
TAKHRIJ HADITS:Hadits ini shahih, Imam ath-Thabrani dalam al-Mu’jamul-Kabîr (II/156, no. 1649),lafazh hadits ini miliknya.