Sumber: www.AnneAhira.com

Imajinasi seorang anak kerap menggambarkan tingkat kecerdasannya. Semakin tinggi imajinasinya, maka semakin tinggi pula tingkat kecerdasan anak tersebut.

Lalu bagaimana cara mengembangkan imajinasi sekaligus kecerdasan seorang anak? Salah satunya adalah dengan menyuguhkan cerita petualangan padanya.

Cerita petualangan adalah salah satu jenis cerita yang umumnya memiliki alur yang mengundang rasa penasaran,setting cerita yang beragam, dan tokoh-tokoh cerita yang memiliki karakter atau ciri khas yang unik.

Berikut ini adalah beberapa contoh kisah petualangan yang bisa Anda ceritakan pada anak-anak Anda untuk merangsang daya imajinasinya.


Cerita Petualangan Nusantara

Indonesia memiliki banyak kisah legenda yang penuh petualangan. Cerita semacam ini sangat baik untuk disuguhkan pada anak-anak, karena selain merangsang imajinasi, tapi juga membuat anak lebih mencintai kebudayaan Indonesia.

Apalagi cerita legenda penuh dengan hal-hal yang kadang tidak logis, ini mampu membuat anak semakin berimajinasi dan membayangkan tentang kejadian yang sebenarnya. Semakin banyak ia berimajinasi, otaknya akan semakin terlatih untuk berpikir dan kemudian menjadi cerdas.

Contoh cerita petualangan nusantara yang mampu memberi hikmah tersendiri dan bisa ditiru oleh anak-anak:

  • Kisah Cindelaras, seorang anak cerdas pemiliki ayam jantan dan merupakan putra mahkota.
  • Legenda Si Pitung, seorang pria dari Batavia (sekarang Jakarta) yang dengan gagah berani melawan penjajah Belanda.


Cerita Petualangan Fabel

Fabel adalah cerita dimana semua tokohnya adalah para binatang yang seolah-olah hidup seperti manusia. Cerita fabel yang penuh petualangan jelas bisa meningkatkan imajinasi seorang anak. Ia akan membayangkan seekor binatang berbicara, mempelajari karakteristiknya, dan ia pun bisa meniru sifat baik yang ditunjukkan oleh hewan-hewan tersebut dalam cerita.

Contoh cerita petualangan dalam bentuk fabel:

  • Cerita si kelinci dan kura-kura, mengisahkan tentang kelinci yang sombong karena bisa berjalan lebih cepat dari kura-kura. Namun akhirnya kalah dari kura-kura dalam sebuah perlombaan lari.
  • Kisah si kancil dan buaya, menceritakan tentang kecerdikan seekor kancil yang ingin menyeberang sungai, ia menipu beberapa buaya agar buaya-buaya tersebut mau berjajar rapi di permukaan sungai dan menjadi “jembatan”.


Cerita Petualangan Kartun

Cerita petualangan tak hanya disuguhkan lewat kata atau kalimat, tapi juga dalam bentuk visual, yaitu kartun. Banyak sekali film-fim kartun yang mengisahkan petualangan, baik tokoh manusia maupun hewan.

Contoh cerita petualangan dalam bentuk film kartun:

  • Doraemon, kartun ini kadang menyuguhkan episode petualangan yang bagus untuk anak-anak. Misalnya, petualangan di luar angkasa, atau petualangan menuju zaman purba.
  • Finding Nemo, film kartun petualangan yang sangat populer dengan tokoh anak ikan yang hilang, sedangkan Sang Ayah berpetualang mencari anaknya.
  • Aladin, bersetting di timur tengah dan banyak bercerita tentang hal-hal yang ajaib. Mulai dari jin sampai barang-barang ajaib seperti permadani terbang.


Itulah beberapa contoh cerita petualangan yang sangat bagus bila diberikan pada anak-anak Anda. Semua kisah petualangan tersebut tak hanya mampu merangsang daya imajinasi anak, tapi juga mengandung hikmah yang bisa membangun seorang anak menjadi pribadi yang lebih baik.