Sumber: www.AnneAhira.com

Wanita yang telah menikah dan menjadi seorang istri memiliki peranan yang sangat penting di dalam sebuah keluarga.  Tidak hanya keluarga kecil yang dimilikinya saja, tetapi juga berperan dalam keluarga besar terutama dari pihak dirinya juga pihak keluarga suaminya. 

Peran dan tanggung jawab seorang istri dalam keluarga memang tidak dapat disamakan dengan seorang suami sebagai kepala keluarga, namun peran dan tanggung jawab seorang istri dalam keluarga mempunyai arti yang sama pentingnya. 

Peran seorang wanita dalam keluarga tidak hanya menjadi seorang istri saja tetapi juga menjadi ibu dari anak-anaknya, sekaligus pemimpin yang siap menggantikan tugas dan tanggung jawab suaminya kapan saja. 

Oleh karena itu seorang istri sangat dituntut jeli di dalam mengemban setiap tugas dan kewajibannya di dalam rumah.  Tentunya perlu saling kerjasama dan pengertian yang baik antara suami terhadap istri agar peran dan tanggung jawab masing-masing dapat terlaksana dengan baik.


Rasa Hormat Antara Suami Dan Istri

Dalam menjalani kehidupan berkeluarga, perlu dibina dan dijaga rasa hormat antara suami dan istri.  Kedua-duanya saling melakukan hubungan timbal balik dan searah.  Jika sudah terjadi hubungan yang searah, misalnya suami hanya ingin dihormati oleh istri tapi tidak sebaliknya maka akan menjadikan kehidupan berkeluarga yang tidak sehat dan jauh dari harmonis.

Rasa hormat akan muncul dengan sendirinya jika masing-masing, suami dan istri mengetahui posisi dan peran masing-masing.  Istri lebih banyak berperan di dalam keluarga atau domestik, mengurusi anak-anak juga memanajemen isi rumah.  Sebaliknya, posisi suami adalah pencari nafkah yang lebih mengarah pada memenuhi kebutuhan utama dalam keluarga. 

Kedua peran istri maupun suami ini sama pentingnya, jadi tidak perlu saling menimbang dan mengukur siapa yang paling berperan di dalam keluarga.

Berikut ini beberapa panduan umum yang dapat dilakukan oleh para istri dalam melakukan peran dan fungsinya dalam keluarga, agar kehidupan rumah tangga dapat berjalan dengan baik dan tenang, yaitu :

  • Melembutkan suara dan berhias

    Perkataan yang baik dan lembut akan menyenangkan orang lain, terutama jika dilakukan oleh seorang istri di rumah.  Lembut dan baik dalam bertingkah laku, juga memperhatikan penampilannya terutama saat di dalam rumah.

  • Selalu bersabar dan menjaga kehormatan

    Seorang istri dituntut untuk selalu bersabar dalam segala hal.  Menempuh sebuah perjalanan kehidupan yang panjang dalam rumah tangga pasti akan mendapatkan berbagai ujian, rintangan juga cobaan.  Untuk itulah peran istri sangat penting dan dibutuhkan dalam menopang dan menguatkan.  Menjaga kehormatan keluarga juga dirinya merupakan tugas mulia dari seorang istri yang baik.

About these ads